March 06, 2014

Cara Mempartisi SD Card Android Untuk Link2SD

Cara Mempartisi SD Card Android Untuk Link2SD :
Pertama download dulu software MiniTool Partition Wizard kemudian install, jika sudah terinstall di pc anda lewati langkah ini dan langsung ke langkah selanjutnya.

Sambungkan SD Card anda ke pc. Menyambungkannya bisa menggunakan Card Reader ataupun MMC Adapter, terserah anda. Kalau saya menggunakan Card Reader.

Jika cara kedua sudah, buka software MiniTool Partition Wizard yang sudah di download dan diinstall tadi.




Pada MiniTool Partition Wizard akan terlihat SD Card, biasanya pada Disk 2. Klik kanan pada SD Card tersebut kemudian pilih Move/Resize. Di sana akan terlihat besar SD Card anda yang nanti akan di partisi, move/resize adalah untuk menentukan besar partisi.


Masih dalam Move/Resize, tentukan besar SD Card anda. Maksudnya adalah tentukan besar partisi yang akan anda gunakan untuk menyimpan data anda seperti dokumen, musik, video, dan lain-lain (bukan yang untuk Link2SD. Nah, sisanya itu yang untuk Link2SD (untuk memindahkan aplikasi dan datanya, juga dalvik chace). Jika masih bingung saya akan contohkan. Begini, saya punya SD Card berkapasitas 2GB, saya partisi pada Move/Resize sebesar kira-kira 1.3GB (ini yang untuk menyimpan file seperti dokumen atau musik) dan sisanya kira-kira 600MB untuk Link2SD.

Jika sudah Ok, maka akan terlihat partisi FAT32 dan Unallocated (belum ditentukan jenis partisinya) pada Disk 2 tadi.


Karena partisi yang akan digunakan untuk Link2SD masih Unallocated, maka harus ditentukan jenis partisinya dengan cara klik kanan pada partisi yang masih Unallocated tadi kemudian pilih Create. Akan muncul peringatan (warning), lanjutkan dengan klik Ok.

Masih pada Create, ganti Create As menjadi Primary dan File System menjadi FAT32. Yang lain biarkan saja default. Untuk melanjutkannya klik Ok.


Yang paling akhir anda tinggal menerapkannya dengan cara klik pada tombol Apply yang ada di pojok kiri atas dan tunggu sampai proses selesai.

Begitulah caranya, semoga anda semua mengerti dan memahami sehingga untuk mempartisi bisa dilakukan dengan mudah dan tanpa halangan apapun, jika ada yang belum mengerti bisa ditanyakan di kotak komentar dibawah

No comments:

Post a Comment